Rabu, 27 April 2011

Strategi waralaba

Membangun dan mengembangkan usaha.


Cara terbaik untuk mengembangkan usaha dan meraih keuntungan bagi pengusaha pemula adalah dengan menerapkan strategi franchise.





<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false EN-US X-NONE X-NONE

Strategi dibalik franchise (waralaba)


Franchise adalah sebuah cara untuk sebuah usaha melakukan pertumbuhan.Betapa tidak, dengan melakukan strategi franchise itu berarti pelaku usaha diibaratkan membentuk seekor gajah yang terdiri dari banyak dari pasukan semut,semut yang banyak dilihat sebagai brand image dimata konsumen yang menunjukan bahwa usaha tersebut memiliki banyak cabang


karena dianggap telah mampu untuk menggaet mitra yang tentunya untuk dapat menggaet mitra usaha dibutuhkan sebuah ekuitas merek yang tinggi.



Selain itu apabila sebuah usaha telah sukses dalam menerapkan strategi franchise pada usahanya dengan indicator bahwa usahanya telah memiliki banyak cabang(diatas 20 cabang) itu berarti usaha itu secara tidak langsung telah menutup jalan untuk para pesaing memasuki pasar yang sama,tentunya apabila sebuah pasar telah didominasi oleh seorang pengusaha dan pasar itu telah identik dengan merek tersebut,tentunya akan sulit sekali untuk pesaing untuk merebut pasar yang sama,namun demikian bukan berarti pesaing tidak dapat meraih pasar sama sekali,pesaing masih bisa saja untuk dapat meraik berapa% pangsa pasar atau tidak menutup kemungkinan bisa menguasai pasar,namun tentu saja diperlukan usaha yang sangat keras berupa modal yang besar untuk melakukan promosi besar-besaran dan juga melakukan strategi bisnis lainnya untuk bisa mendobrak pasar yang telah didominasi oleh sebuah merek.jadi dari pada merebut sebuah pangsa pasar yang telah didominasi oleh sebuah merek lebih baik mencari pangsa pasar baru untuk kita kuasai.


Untuk melakukan strategi franchise sebaiknya pada awal menggaet mitra anda bisa menerapkan strategi untuk menawarkan pembayaran royalty fee pada saat rool of investment telah terjadi namun anda bisa memberikan royalty fee yang agak sedikit besar sebagai upah balas jasa,namun lebih baik lagi apabila anda tetap memasang harga royalty fee yang tidak terlalu tinggi meskipun royalty fee tersebut baru anda dapatkan ketika rool of investment baru terjadi.


Strategi tersebut dapat anda lakukan untuk 20 cabang pertama saja,dengan maksud untuk melakukan duplikasi dengan cepat sehingga usaha anda dapat terlihat sebagai seekor gajah baik dimata konsumen ataupun juga dari sudut pandang pesaing.Tentu saja anda harus memperhitungkan kemungkinan pesaing melakukan sebuah strategi yang bisa menghambat pertumbuhan usaha anda,jadi lebih baik anda tidak mendapatkan keuntungan yang tidak telalu signifikan dari awal pembukaan cabang baru namun anda dapat perhitungkan dari kuantitas cabang yang telah anda buka,karena margin keuntungan yang kecil dapat disiasati dengan volume penjualan yang besar,jadi yang kita kejar diawal adalah mencari jaringan distribusi terlebih dahulu,bukankah itu merupakan esensi dari bisnis franchisse.jadi strategi mass marketing yang ada pada franchise bukan hanya berlaku untuk konsumen anda saja namun juga sebaiknya anda terapkan pada mitra usaha anda,strategi ini adalah strategi multi level marketing ,yakni untuk memperoleh kesuksesan maka anda harus memberikan kesuksesan terlebih dahulu pada jaringan anda dalam konteks franchise sebelum anda memperoleh keuntungan yang besar maka anda harus rela memotong sedikit keuntungan untuk mempermudah penggaetan mitra usaha dan mempercepat pertumbuhan jaringan.Anggap saja bahwa pemberian royalty fee yang kecil pada beberapa cabang anda yang baru sebagai bentuk investasi untuk jangka panjang agar anda tidak merasa dirugikan olehnya.



Namun yang paling sulit dari itu semua adalah pada tahap awal,yaitu pada tahap awal membuat usaha menjadi sukses dan memiliki angka penjualan yang tinggi dan tentu saja memiliki profit yang bagus untuk kelak bisa di tawarkan kepada calon mitra.oleh karena itu cara terbaik untuk membesarkan nama usaha untuk kemudian melakukan franchise adalah dengan membuat sebuah ekuitas merek.Dan sebenarnya kalau anda tahu untuk membuat sebuah ekuitas merek ternyata tidaklah begitu sulit asalkan anda tahu caranya dan dalam ebook super spesial big idea for bussiness semuanya itu akan diulas secara tuntas,oleh karena itu jangan lewatkan lagi kesempatan emas untuk memiliki ebook big idea for bussiness.


Klik disini untuk melihat produk